Selasa, 26 Agustus 2008

Lulus Standar, GMF AeroAsia Makin Mantap Masuk Eropa

Alih Istik Wahyuni - detikFinance


Jakarta - Perusahaan perawatan pesawat PT GMF AeroAsia (Garuda Indonesia Group) dinyatakan lulus standar Otoritas enerbangan sipil Eropa, European Aviation Safety Agency (EASA).

Berbekal hasil audit ini, GMF AeroAsia makin memantapkan bisnisnya di Eropa bahkan berniat memperluas pangsa pasar globalnya.

Dari audit yang dilakukan sejak 29 Januari sampai 5 Februari 2008, GMF AeroAsia, yang merupakan perusahaan MRO (maintenance, repair, overhaul) terbesar di Indonesia, dinilai telah memenuhi prosedur kerja yang ditetapkan EASA.

"GMF AeroAsia sudah memenuhi prosedur & regulasi, dan berhasil meningkatkan standar quality and safety dalam perawatan pesawat terbang," kata Auditor dari GSAC (Groupement pour la Securite Aviation Civile) yang merupakan otoritas penerbangan sipil Perancis Bruno Allus dalam siaran pers yang diterima detikFinance, Rabu (6/2/2008).

Menurut VP Quality Assurance & Safety PT GMF AeroAsia Fuad Abdullah, audit tersebut merupakan siklus dua tahunan yang meliputi prosedur kerja perawatan pesawat, quality system, personal qualification, fasilitas perawatan, dan kelengkapan peralatan.

Saat ini GMF AeroAsia memiliki kemampuan melakukan perawatan pada semua jenis pesawat yang beroperasi di Indonesia seperti B737 Series, B747 Series, B737 NG, A330, A319, MD-80, dan lain-lain.

Adapun jenis perawatan yang dikerjakan meliputi perawatan rutin dari A-Check, B-Check, C-Check, sampai perawatan berat yakni D-Check (overhaul). "Kemampuan melakukan perawatan pesawat terbang ini terus kami kembangkan sesuai dengan perkembangan industri penerbangan," kata Fuad.

Sementara Direktur Utama PT GMF AeroAsia Richard Budihadianto berharap hail audit bisa membuat industri penerbangan mempercayakan perawatan maskapainya pada GMF AeroAsia. Tidak hanya maskapai lokal, tapi juga penerbangan asing.

Saat ini GMF sudah memiliki beberapa pelanggan maskapai dari Eropa. Dengan hasil audit ini, diharapkan posisinya akan makin mantap.

"Hasil audit bisa menumbuhkan kepercayaan industri penerbangan internasional kepada GMF sebagai MRO terbesar di Indonesia," kata Richard.

Beberapa maskapai di Eropa yang sudah menjalin kerjasama dengan GMF AeroAsia antara lain Air Atlanta (Islandia), Hellenic Imperial Airways (Yunani), MK Airlines (Inggris) dan Pron Air (Spanyol). Di luar airlines ini, masih ada sejumlah airlines asing di bawah registrasi FAA yang juga menjadi customer GMF. "Ini bukti bahwa produk yang kita asilkan diakui oleh masyarakat penerbangan di Eropa," kata Richard Budihadianto.

Tidak ada komentar: